Posted by : Adam Ganteng Friday 9 November 2012

Pengertian Sistem operasi secara umum adalah penghubung antara pengguna komputer dengan perangkat keras komputer, atau dapat diartikan sebagai perangkat lunak yang berfungsi  sebagai jembatan antara aplikasi dan perangkat keras dimana aplikasi tersebut dijalankan.
Sebelum ada sistem operasi, orang hanya menggunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya teknologi, pada saat ini terdapat berbagai macam sistem operasi dengan keunggulan masing-masing.
Jenis-jenis Sistem Operasi:

  • UNIX

UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user.
  • Linux

Linux adalah sistem operasi yang bertipe Unix, Linux merupakan hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama, kode sumber linux dapat dimodifikasi, digunakan, dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun, nama "Linux"  diambil dari nama kernelnya, yang dibuat pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds.
  • Mac OS

Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System, adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM, diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006  telah memiliki kompatibelitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.
  • FreeBSD

FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD. FreeBSD berjalan diatas sistem intel x86 (IA-32) (termasuk Microsoft Xbox), DEC Alpha, Sun UltraSPARC,IA-64, AMD64, PowerPC dan arsitektur NEC PC-98. Dukungan untuk Arsitektur ARM dan MIPS sedang dalam pengembangan.
  • SUN OS

SUN OS adalah sebuah sistem operasi versi UNIX yang digunakan dalam workstation-workstation Sun Microsystems yang diliris pada tahun 1982. Setelah meliris SunOS versi 4, Sun Microsystems mengubah kode UNIX BSD yang sebelumnya mereka gunakan dengan kode UNIX System V, setelah mendapat lisensi dari pemegang lisensi UNIX waktu itu, AT&T. Perubahan ini menjadikan namanya berubah menjadi Solaris Versi 2, dari yang seharusnya SunOS 5, Sehingga secara tidak langsung SunOS pun dianggap sebagai Solaris Versi 1.x.
  • Windows

Microsoft Windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis GUI (Graphical User Interface. Sistem operasi windows berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasiyang berbasi modus teks dan command-line. Windows versi pertama yaitu Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16 bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS, sehingga ia akantidak akan berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS.

Leave a Reply

Jangan lupa komentarnya...
yang baik dan sopan,
jangan gunakan kata-kata yang kasar.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Like this yo..

select language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Copyright © SHIN_TAKE -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan