Posted by : Adam Ganteng Monday 19 November 2012

Tiap-tiapnutrisi berikut memiliki peran penting dalam membangun kekuatan otak serta menjaga kesehatan fisik dan mental.

  • Air
 
Air menjadi komponen utama dalam darah, yaitu sekitar 83% air bertugas sebagai sistem transpor yang mengedarkan nutrisi ke otak dan mengeluarkan sampah. Pasokan  air bersih yang cukup merupakan hal penting untuk menjaga kemampuan kosentrasi dan kewaspadaan.
  • Protein
Protein di temukan dalam daging, ikan, susu, keju, kacang-kacangan dan biji-bijian, komponen protein menyediakan pembangun struktur di seluruh jaringan tubuh, saraf, dan organ dalam, termasuk jantun dan otak. Protein juga digunakan untuk memproduksi Neurotranmitter  dan membangun serta untuk merawat jaringan saraf. Protein sangat penting untuk meningkatkan fungsi mental dan membangkitkan semangat.
  • Karbohidrat
Karbohidrat ditemukan dalam biji-bijian, buah dan sayur-sayuran. Melalui proses pencernaan, karbohidrat di perah menjadi gula yang disebut glukosa, glukosa memasuk sumber energi utama bagi otak, namun, kadar gula darah perlu di jaga agar tidak berfluktuasi secara drastis, sehingga tidak terjadi linglung, pening, kejang bahkan pinsan.
  • Lemak
Ada 3 macam lemak dalam makanan yaitu:
  1. Lemak Jenuh
  2. Lemak tak Jenuh Tunggal
  3. Lemak tak Jenuh Ganda
Istilah "asam lemak esensial" merujuk pada dua jenis lemak tak jenuh ganda yaitu omega 6 dan omega 3. Asam lemak esensial menunjukan bahwa lemak khusus ini dapat meningkatkan ukuran otak dan jumlah sel ota,  memperbaiki pengingatan, dan membantu belajar. sumber utama lemak esensial adalah ikan salmon, makarel, sarden, kacang-kacangan dan biji-bijian.
  • Vitamin dan Mineral
Vitamin dan Mineral merupakan komponen utama yang diperlukan untuk pertumbuhan serta untuk fungsi tubuh dan otak. Zat ini terdapat dalam berbagai jenis makanan dengan jumlah yang berbeda-beda.
Variasi jumlah makanan akan membantu tercukupnya kebutuhan nutrisi penting ini.
Vitamin B kompleks berperan penting dalam menghasilkan energi dan pentin bagi otak.
Vitamin A,C,dan E merupakan antioksidan kuat dan merupakan sesuatu yang penting untuk meningkatkan memori pada usia lanjut.
Mineral merupakan faktor penting untuk menjaga kekuatan otak. Magnesium dan mangan dibutuhkan untuk memberikan energi pada otak. Sodium, potasium dan kalsium sangat penting untuk komunikasi sel saraf dan untuk mempermudah pengiriman pesan.

By. Mar'atus Solikha (Admin)

Leave a Reply

Jangan lupa komentarnya...
yang baik dan sopan,
jangan gunakan kata-kata yang kasar.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Like this yo..

select language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Copyright © SHIN_TAKE -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan